jual projector proyektor infocus & service projector infocus, jual layar proyektor ,distributor projector, panasonic nec epson sony

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Tanya Jawab Tentang Proyektor

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait proyektor dan penggunaannya. Silakan gunakan tulisan ini sebagai referensi Anda sebelum membeli atau menyewa proyektor ke vendor-vendor sewa proyektor. Sebelum mencari projector cari tahu dahulu projector terbaik dll

Apakah perbedaan proyektor jenis LCD dan DLP?

Proyektor jenis LCD/Liquid Crystal Display merupakan jenis proyektor yang paling banyak digunakan di kalangan umum dikarenakan harganya yang paling terjangkau, dan sifatnya yang portabel sehingga mudah untuk dibawa-bawa.

Proyektor LCD menghasilkan gambar yang terang karena menggunakan LED backlight. Meskipun memiliki tiga panel LCD yang menangani masing-masingwarna dasar, proyektor LCD hanya memiliki satu sumber cahaya sehingga pengguna tidak perlu repot mengatur cahaya seperti yang harus dilakukan pada proyektor CRT.

Proyektor jenis DLP (Digital Light Processing) menggunakan teknologi digital untuk memproses dan menghasilkan gambar yang diproyeksikannya. Input gambar akan dikonversi menjadi data digital kemudian disimpan di hard disk. Selanjutnya hasil konversi tersebut diproyeksikan ke layar.

Bagaimana cara memilih LCD projector yang paling cocok untuk event yang saya selenggarakan?

Identifikasi jenis event yang Anda selenggarakan, termasuk ruangan yang akan digunakan untuk menempatkan LCD projector, jumlah audiens yang akan hadir, dll, kemudian tentukan ukuran lumens yang cocok untuk event yang Anda selenggarakan tersebut. Berikut ini adalah beberapa panduan yang bisa digunakan untuk memilih besaran lumens proyektor:

  1. Proyeksi di bawah 1.500 lumens biasanya membutuhkan pencahayaan yang agak redup, tetapi penggunaan cahaya yang redup akan menyebabkan mata cepat lelah dan mengantuk.
  2. Proyeksi antara 2.000 – 3.500 lumens pada umumnya cukup untuk ruangan aula/konferensi dengan tingkat pencahayaan normal.
  3. Proyeksi dengan minimal besaran 2.500 lumens dibutuhkan untuk presentasi ruang terbuka dengan pencahayaan sedang.
  4. Proyeksi lebih dari 4.000 lumens disarankan untuk pengaturan di ruang sidang.
  5. Proyeksi untuk jumlah penonton yang besar pada siang hari dengan pencahayaan kuat memerlukan proyektor dengan besaran lumens yang lebih dari 3.500.
  6. Proyeksi terhadap layar besar dengan ukuran diagonal lebih dari 300 inchi membutuhkan proyektor dengan kekuatan min 5.000 lumens.
  7. Proyeksi untuk keperluan konser dengan penonton yang mencapai ribuan orang memerlukan proyektor dengan kekuatan antara 10.000 – 15.000 lumens.

Bagaimana bila saya ingin menampilkan dokumen tercetak atau benda 3 dimensi lain melalui LCD projector tersebut (bukan tampilan di komputer)?

Beberapa LCD projector keluaran terbaru, selain dilengkapi oleh lensa untuk memancarkan proyeksi dari tampilan di komputer atau tampilan di video, juga dilengkapi oleh lensa kamera yang bisa memancarkan gambar apapun yang berada di depan lensa tersebut. Anda bisa menggunakan LCD projector jenis ini untuk menampilkan dokumen tercetak yang Anda bawa, menampilkan obyek demonstrasi 3 dimensi, atau obyek apapun yang ingin Anda tampilkan yang bukan berasal dari tampilan di komputer atau tampilan presentasi Anda.

Apa perbedaan LCD projector yang digunakan untuk keperluan presentasi, menonton film, peluncuran produk, atau karaoke?

Hal yang membedakan LCD projector yang digunakan pada event-event tersebut berada pada jenis dan besaran kekuatan lumens yang dimilikinya. Untuk keperluan karaoke cukup LCD projector dengan kekuatan 1.800 lumens, untuk keperluan presentasi lumens yang dibutuhkan ditentukan dari kondisi ruangan dan jumlah audiens yang akan menonton presentasi tersebut. Untuk keperluan menonton film di teater atau bioskop, memerlukan lumens yang agak besar, minimal di besaran 2.400 lumens, karena untuk keperluan ini dibutuhkan tampilan gambar yang sempurna, tajam, dan tidak redup.

Sejak kapan LCD projector dibuat?

LCD projector dibuat oleh Gene Dolgoff di New York pada tahun 1984, kemudian dibuatkan hak paten pada tahun 1988, dan mulai diproduksi secara masal oleh Projectavision, Inc. Yang menjadi produsen LCD projector pertama di dunia..

Berapa rata-rata umur pemakaian LCD projector?

Rata-rata LCD projector memiliki usia pemakaian berkisar antara 2.000 sampai 4.000 jam. Bila melebih durasi tersebut, lampu LCD projector biasanya akan mulai mengalami penurunan kualitas dan perlu diganti.

Apa kelebihan LCD projector tipe terbaru?

LCD-LCD projector tipe terbaru memiliki banyak kelebihan yang membuatnya lebih mudah untuk menampilkan gambar yang akan diproyeksikan. LCD projector tipe terbaru tersebut juga bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus kualitasnya dan lebih cemerlang. Klik di [sini] untuk mengetahui fitur-fitur yang dimiliki oleh LCD-LCD projector tipe keluaran terbaru.

Apa yang terjadi pada saat LCD projector sudah terpasang dengan benar tapi tidak dapat menampilkan tampilan dari layar laptop/komputer?

Bila hal ini terjadi, bisa dipastikan bahwa komputer dan LCD projector belum tersambung dengan benar. Cek beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan kabel VGA (biasanya kepala portnya berwarna biru) tersambung ke slotnya yang benar, baik itu di laptop/komputer, dan di LCD projector.
  • Tekan tombol fn + F5 atau Windows + P di keyboard Anda, dan pilih pilihan “Duplicate” agar tampilan di layar komputer dan proyeksi LCD projector sama.
  • Bila belum muncul juga, masuk ke menu di LCD projector dan pastikan source-nya adalah Computer.

Seberapa jauh kabel data pada proyektor bisa digunakan dengan baik?

Sinyal yang mengalir di kabel proyektor akan melemah apabila kabel yang digunakan terlalu panjang. Gunakanlah kabel proyektor standar yang panjangnya sekitar 5 meter agar sinyal tetap bagus. Bila memang memerlukan kabel proyektor yang panjang, usahakan tidak melebihi panjang 20 meter.

Apakah LCD projector bisa terhubung dengan tampilan di layar laptop/komputer tanpa sambungan kabel?

Beberapa LCD projector keluaran terbaru seperti Panasonic PT-FW430 EA memiliki fungsi koneksi wireless yang bisa membuat proyektor dan komputer saling terhubung melalui jaringan wi-fi, tidak memerlukan kabel. Selain itu beberapa proyektor juga memiliki fitur USB slot dongle dan memory card slot yang bisa memainkan film, foto, atau presentasi di memory card dan USB flash disk.

Apa yang terjadi jika jarak tembak antara proyektor dengan layar terlalu dekat dan maksimum dengan ukuran layar?

Setiap proyektor memiliki apa yang disebut dengan “throw width” atau “throw ratio” yang menentukan jarak minimal proyektor dari layar. Apabila lebar layar yang Anda pakai berukuran 3 meter dan proyektor yang Anda pesan memiliki throw ratio 1,7, maka letakkanlah proyektor sejauh 5 meter dari layar (1,7 x 3 meter).

Apabila keadaan ruangan tidak mencukupi untuk meletakkan proyektor sesuai throw ratio-nya, ukurlah dahulu jarak yang ada, kemudian dibagi dengan lebar layar yang digunakan lalu pilihlah proyektor yang memiliki throw ratio yang paling mendekati hasil pembagian. Bila gambar dari proyektor sudah berhasil memenuhi seluruh layar, artinya penempatan proyektor yang Anda lakukan sudah sesuai.

Jika dengan jarak tersebut masih belum terpenuhi, lakukan cara manual sebagai berikut: Gunakan kaca cermin datar berukuran 1 x 1 m, pantulkan LCD projector ke arah cermin, lalu cermin akan memantulkan kembali ke arah layar. Hal ini biasa dilakukan jika layar yang digunakan adalah layar transparan yang ditembak dari arah belakang layar.

Ada berapa banyak ukuran screen projector?

Ada beberapa ukuran umum screen projector yang beredar di pasaran sebagai berikut:

  • Ukuran 9 x 6 m untuk proyektor dengan kekuatan 10.000 ANSI lumens ke atas;
  • 4 x 6 m untuk 7.000 lumens;
  • 3 x 4 m untuk 4.000 lumens;
  • 2 x 3 m untuk 3.500 lumens;
  • 2 x 2 m untuk 2.500 – 3.000 lumens.

Ada berapa jenis merk proyektor?

Saat ini sudah ada ratusan produsen proyektor. Berikut ini adalah beberapa merk LCD projector yang banyak beredar di pasaran:

  • Sony
  • Sharp
  • Panasonic
  • Microvision
  • Benq
  • HP
  • Toshiba
  • Epson, dll.

Ada berapa macam ukuran ANSI lumens pada LCD projector?

ANSI lumens adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan intensitas cahaya, kecerahan, dan ketajaman suatu LCD projectorLCD projector yang beredar di pasaran umumnya memiliki ukuran ANSI lumens sebagai berikut:

  • 2.400
  • 2.800
  • 3.000
  • 3.200
  • 3.500
  • 4.000
  • 5.000
  • 7.000
  • 10.000
  • 12.000
  • 15.000

Semakin besar ukuran ANSI lumens, semakin cerah juga gambar yang bisa dihasilkan oleh proyektor tersebut, dan semakin besar juga layar yang sebaiknya digunakan. Pilihlah proyektor dengan ANSI lumens yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana cara merawat umur lampu pada proyektor?

Supaya umur lampu proyektor awet, berikan waktu istirahat untuk proyektor setiap penggunaan 3 – 4 jam. Jangan gunakan proyektor secara terus menerus dalam waktu yang terlalu lama karena akan merusak lampu dan komponen-komponen elektronik di dalamnya, yang juga akan membuat proyektor Anda cepat rusak dan harus diservis atau bahkan diganti komponennya.

Bagaimana cara melakukan efisiensi bila saya memiliki banyak proyektor untuk berbagai keperluan di kantor saya?

Bila Anda akan mengelola banyak LCD projector untuk di kantor/tempat kerja Anda, maka pilihlah LCD projector dengan merk dan tipe yang sama. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah memperbaiki bila terjadi kerusakan. Pembelian dalam jumlah banyak juga biasanya akan mendapatkan diskon yang cukup besar dari penjualnya.

Bagaimana memilih LCD projector yang paling sesuai dengan keperluan saya?

Memilih suatu LCD projector haruslah disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Untuk keperluan penggunaan seperti di kantor atau di sekolah, gunakanlah proyektor dengan kekuatan 2.000 lumens. Audiens presentasi di kantor/sekolah biasanya perlu mencatat sesuatu dari presentasi yang sedang mereka saksikan. Maka dari itu proyektor dengan kekuatan 2.000 lumens sudah lebih dari cukup karena memiliki tingkat kecerahan yang ideal untuk presentasi semacam itu. Bila presentasi dilakukan di ruangan yang lebih besar seperti aula atau auditorium, gunakanlah proyektor dengan tingkat lumens yang lebih besar, hingga mencapai 2.500 lumens.

Bila Anda membutuhkan proyektor untuk keperluan membangun fasilitas home theater di rumah Anda, cukup pilih proyektor dengan kapasitas 800 – 1.000 lumens. Proyektor untuk home theater tidak perlu terlalu cerah karena untuk home theater tingkat pencahayaannya biasanya sudah diatur untuk redup sehingga proyektor pun bisa menyesuaikan dengan tingkat cahaya yang sesuai. Untuk keperluan home theater Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mempergunakan proyektor jenis DLP (Digital Light Processing) yang memang dirancang untuk memberikan kualitas terbaik untuk keperluan home theater

KENAPA PROJECTOR TECH DLP RUSAK BERBINTIK

Itu dikarena DMD chip pada komponen dlp nya rusak, karena akibat menerima panas yang berlebih , oleh karena itu untuk projector ber technologi DLP di sarankan penggunaan hanya berdurasi 2- 3 jam saja , lalu harus dimatikan dan di istirahatkan 1/2jam atau 1 jam dan bisa di gunakan kembali, dengan cara itu projector dlp terhindar dari berbintik